Recent Post


[Rekap Drama] Dong Yi, Jewel In The Crown Episode 1-5

Do you want to share?

Do you like this story?





Episode 1
1681 M, tahun ke-7 pemerintahan Raja Sukjong
Jendral Jang Ik Heon yang sedang memancing ditikam oleh seorang pria berjubah pendeta. Sebelum tenggelam ke sungai Jang Ik Heon sempat merenggut ornamen milik pembunuh

Seorang pria bertopeng menyelamatkan sepasang pasutri dan anaknya di sebuah hutan bambu dari kejaran polisi. Pria tersebut adalah Cha Cha Chun Soo dibantu oleh Choi Dong Joo (kakak Dong Yi)
Di sisi lain Dong Yi mencuri kue madu yang seharusnya menjadi miliknya dan teman-temannya setelah memenangkan sebuah lomba lari. Namun juri menyatakan bahwa timnya kalah karena Dong Yi mengambil jalan pintas.
Di perjalanan pulang Dong Yi dan temannya melihat mayat Jang Ik Heon yang saat itu ternyata tengah sekarat. Dong Yi memanggil bantuan sementara Jang Ik Heon memasukkan ornamen ke dalam tas Dong Yi sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.
Di TKP Dong Yi mengritik cara petugas koroner memperlakukan mayat. Dong Yi adalah gadis kecil yang cerdas. ia sangat mengerti tentang mayat karena ayahnya biasa mengotopsi mayat. Dong Yi juga banyak membaca buku tentang autopsi.
Seo Young Gi datang mengajak Choi Hyo Won untuk melihat mayat. Seo Young Gi telah memiliki asumsi sebelumnya. Ia membutuhkan Choi Hyo Won untuk memperkuat asumsinya.
Investigasi mendadak terjadi di tengah pesta kerajaan. Investigasi tersebut bertujuan untuk menemukan anggota Geumgae yang berada diantara pemain musik istana. Anggota Geumgae diduga bertanggungjawab terhadap pembunuhan beberapa petinggi kerajaan yang mati baru-baru ini. Choi Dong Joo adalah salah satu pemain musik istana.
Dong Yi pergi ke kantor polisi menukar ornamen dengan imbalan untuk menyelamatkan Ge Dwo Ra dari Chang Ma (tim yang kue madunya di curi oleh Dong Yi) . akan tetapi sebelum mengambil imbalan Dong Yi sudah menghilang. Kang Jung Hyuk, polisi pemilik lencana tersebut mencari Dong Yi dan berniat membunuhnya. Dong Yi ternyata memberikan lencana tersebut pada Seo Young Gi. Ia pun menangkap Jung Hyeon dan memberikan Dong Yi imbalan. Dong Yi membeli kue madu ke pasar. Di pasar  ia bertemu seorang peramal bernama Kim Hwan yang menyuruhnya pulang melewati jalan yang ramai. Sedangkan Kang Jung Hyuk telah terbunuh secara misterius.
Anggota Geumgae mengadakan perkumpulan. Pemimimpin Geumgae ternyata adalah Choi Hyo Won (ayah Dong Yi). Sementara itu Dong Yi sendiri di sebuah ruangan sambil melihat sekeliling. Seseorang membuka pintu dan Dong Yi terlihat kaget.


Episode 2

Kini Geumgae telah dijadikan kambing hitam dari seluruh kekacauan yang terjadi. Choi Hyo Won mengatakan pada anggotanya bahwa hanya karena mereka terlahir sebagai Cheon-Min tidak berarti mereka dapat dilecehkan. Mereka harus menemukan dalang dibalik tuduhan terhadap mereka.

Sementara itu Choi Dong Joo dan Cha Chun Soo mencari Dong Yi namun ia tidak dapat ditemukan. Polisi juga kehilangan jejak Dong Yi.


Dong Yi ternyata dibawa ke rumah seorang wanita bangsawan untuk membacakan ucapan selamat kepada besan wanita tersebut, karena anak perempuannya akan menikah. Ketika tahu bahwa Dong Yi adalah rakyat kelas bawah wanita tersebut langsung menyuruh Dong Yi pergi. Dong Yi memohon kesempatan, namun ia kesulitan membaca karena ada ejaan yang salah. Wanita tersebut terkesan dan memberi Dong Yi kesempatan.
Polisi mengikuti Dong Yi lagi, namun mereka kembali kehilangan Dong Yi karena Choi Dong Joo lebih dahulu menemukan Dong Yi.


Esoknya di kota, Cha Chun Soo menemukan selebaran yang isinya pencarian Choi Hyo Won dan Dong Yi. Choi Hyo Won disebut telah membunuh seorang pengawal. Di sisi lain Seo Young Gi yang juga melihat selebaran kaget dan mencoba mengklarifikasinya pada Oh Yoon, salah satu anggota polisi. Seo Young Gi mengatakan bahwa Oh Yoon mengada-ada. Namun walaupun tidak masuk akal Oh Yoon mengatakan bahwa ornamen yang ada pada Dong Yi adalah bukti bahwa Choi Hyo Won menggunakan putrinya untuk membunuh Kang Jung Hyuk.


Dong Yi dititipkan di rumah ayah Ge Dwo Ra. Tidak diperbolehkan kemana-mana. Ia membujuk Ge Dwo Ra untuk pura-pura sakit agar bisa mengikuti acara selamatan. Dengan berbagai macam cara akhirnya Ge Dwo Ra menurut. Namun ayahnya menyuruh meminum air kotorannya. Ge Dwo Ra menyerah dan Choi Hyo Won datang. Ia melarang Dong Yi ikut. 
Namun Dong Yi ingin sekali ikut dan mengenakan Hanbok Sutera. Ia memperdaya Ge Dwo Ra lagi dan kali ini berhasil.

Choi Hyo Won menemui Seo Young Gi secara rahasia. Ia menyerahkan bukti keterlibatan orang dalam kerajaan dalam pembunuhan beberapa menteri. Seo Young Gi menemui ayahnya yang juga penasehat kerajaan. Dan Seo Young Gi mengatakan bahwa bukti ini dari orang yang dapat dipercaya. Ayahnya setuju untuk memberitahukan penemuan ini ke Raja.
 Seorang anggota Geumgae ditangkap saat akan memberikan pesan kepada Seo Young Gi. Sementara ayah Dong Yi memberikan tanggung jawab kepada Cha Chun Soo untuk membawa Dong Yi keluar kota. Firasatnya kasus ini akan terungkap. Tapi apa yang terjadi selanjutnya tetap tidak bisa diprediksi. Saat Cha Chun Soo tiba di rumah ayah Ge Dwo Ra tentu saja Dong Yi sudah tidak ada. 
 Dong Yi saat itu sedang berada di rumah seorang bangsawan bernama Oh Tae Suk. salah satu otak kejahatan yang menjadikan Geumgae sebagai kamuflase atas pembunuhan para petinggi. Ia tidak mengenali Dong Yi. Ia hanya sering mendengar namanya lewat Oh Yoon. Oh Tae Suk terkesan dengan kecerdasan Dong Yi dan ingin menjadikannya pelayan. Namun Dong Yi mengatakan identitas aslinya. Oh Tae Suk langsung tersenyum dan menyuruh Dong Yi menunggu lalu memanggil polisi.
 Dong Yi tidak sengaja melihat para polisi yang mengejarnya. Ia bersembunyi dibalik gentong dan bertanya-tanya mengapa polisi mencarinya. Ia melarikan diri dan tertangkap oleh pelayan Oh Tae Suk. Cha Chun Soo datang tepat waktu dan menyelamatkan Dong Yi dengan cara berpura-pura menjadikan Dong Yi sebagai putri menteri. Dong Yi disembunyikan dibalik semak-semak sedangkan Cha Chun Soo mendatangi markas Geumgae namun telah porak poranda, mayat-mayat bergelimpangan. Salah seorang anggota yang tengah sekarat mengatakan,”Jang telah berkhianat.” 
 Cha Chun Soo berlari dan melihat Choi Hyo Won, Choi Dong Joo dan beberapa anggota sedang di arak menuju kerajaan. Ia hampir mengelurakan pisau untuk menyelamatkan. Namun, Choi Hyo Won menggelengkan kepalanya dan mengisyaratkan bahwa Cha Chun Soo harus bertahan. Dong Yi juga melihat hal itu. Matanya berkaca-kaca. “Ayah, kakak.” Ia berteriak.
 
Episode 3

Dong Yi terus mendekat ke arah ayah dan kakaknya. Choi Dong Joo berbisik melarangnya mendekat. 
 Tiba-tiba Kim Hwan menutup mulut Dong Yi dan menyeretnya menjauh. Ia berkata kalau mereka adalah ayah dan kakanya maka Dong Yi berada dalam bahaya. 
 Seo Young Gi, di sisi lain melihat mayat ayahnya dan tangannya terkepal. Kapten mengatakan kepala Geumgae yang membunuh ayahnya. Ia ingin menemui Choi Hyo Won. Namun dihalangi oleh Oh Yoon karena ia dituduh bekerja sama dengan Geumgae.
Cha Chun Soo mencari Dong Yi, dan bertemu murid Kim Hwan yang menyamar dan memberitahukan tempatnya. Dong Yi masih menangis dan mengatakan ayah dan kakaknya bukan anggota Geumgae. Cha Chun Soo menyuruh Dong Yi untuk tenang agar ia dapat menjelaskannya pada Dong Yi. Akhirnya Dong Yi mengerti. Bahwa semua pembunuhan yang terjadi adalah sebuah kamuflase. Ada pihak yang menjadikan Geumgae kambing hitam. Cha Chun Soo mengatakan bahwa Dong Yi harus kuat. Para prajurit menuju tempat Kim Hwan. Cha Chun Soo dan Dong Yi bergegas pergi. Kim Hwan melihat kepergian mereka dan mengatakan bahwa jika Dong Yi berhasil mempertahankan hidupnya hingga akhir maka ia akan jadi pemimpin.
Seo Young Gi tidak berkata apa-apa selama integorasi. Ia hanya ingin bertemu Choi Hyo Won. Sementara eksekusi akan dilaksanakan esok harinya. Seo Young Gi sangat percaya pada Choi Hyo Won. Namun salah seorang prajurit memberikan buku berisi pergerakan Seo Young Gi yang ditemukan di markas persembunyian. Seong Gi terpukul. 
 Ia akhirnya dapat menemui Choi Hyo Won. Sekali lagi ia bertanya apakah Choi Hyo Won benar membunuh ayahnya. Choi Hyo Won diam saja. Membuat Seo Young Gi percaya bahwa Choi Hyo Won memang mengkhianatinya.

Cha Chun Soo berhasil masuk penjara dan mengatakan pada Choi Dong Joo bahwa esok mereka akan menyerang. Namun Choi Dong Joo melarangnya dan menyuruhnya untuk tetap hidup sebagai ketua dari Geumgae. Dong Yi sedang berada di pasar. Anggota Geumgae sedang mencari bubuk mesiu. 
Dong Yi berjalan dan tanpa sengaja ia melihat seorang wanita sedang menggunakan bahasa isyarat yang dulu diperlihatkan Jang Ik Heon sebelum mati. Wanita itu pergi dan menjatuhkan perhiasan kupu-kupu. Dong Yi memungutnya dan mencari wanita itu. Dong Yi mengembalikannya dan saat itu para prajurit datang. Wanita itu menutupi Dong Yi dan menyuruhnya pergi, karena prajurit akan segera mengenalinya.

 Cha Chun Soo mengantar Dong Yi ke pelabuhan dan memberikannya ikat kepala berlambang Geumgae. Ia mengatakan mereka akan berpisah sementara. Cha Chun Soo lalu pergi bergabung dengan anggota Geumgae lainnya untuk menyelamatkan anggota Geumgae yang akan di eksekusi. 
Terjadi pertarungan sengit, namun hampir seluruh anggota Geumgae terbunuh. Termasuk Choi Dong Joo. Dong Yi yang mendengar hal itu di dalam kapal langsung berlari meninggalkan kapal. Choi Hyo Won terpanah kakinya. Cha Chun Soo pun memapahnya. Namun Choi Hyo Won tewas. Cha Chun Soo tertusuk tombak dan jatuh ke jurang. 
 Ketika Dong Yi sampai di lembah ia tidak menemukan apapun kecuali dompet yang diberikannya pada ayahnya. Dia menangis. Kim Hwan diundang oleh Oh Tae Suk untuk membaca takdir seorang wanita bernama  Jang Ok Jung. Oh Tae Suk ingin mengangkatnya sebagai selir. Namun Kim Hwan mengatakan bahwa wanita itu akan menduduki posisi tertinggi. Oh Tae Suk terperanjat. Setelah Jang Ok Jung keluar Kim Hwan menghampirinya. Dan mengatakan ada sesuatu yang tidak dikatakanya tadi. Ada satu orang lagi seperti dirinya. Kau akan menjadi bayangannya. Jika bisa, gunakan seluruh kekuatanmu agar tidak bertemu dengannya.
Dong Yi berjalan ke rumahnya yang sudah porak poranda. Ia menangis dan mengatakan ingin bersama ayah, kakak dan Cha Chun Soo. Ia tertidur. Dalam mimpinya Choi Hyo Won datang dan menyuruhnya tetap hidup. Dong Yi terbangun dan memanggil ayahnya.


Episode 4

 Seo Young Gi mengambil alih kasus Geumgae karena ia merasa itu adalah kesalahannya. Hampir seluruh anggota Geumgae telah mati dan yang hidup telah tertangkap. Satu yang belum ditemukan. Yaitu Dong Yi. 
Dong Yi dikejar oleh para prajurit namun ia bersembunyi di tengah keramaian kota yang sedang merayakan pesta tahun baru. Seorang penjual memberikannya lampion gratis untuk membuat permintaan. Setelah itu dia mengendap-endap ke dapur seseorang untuk mencuri makanan. 
 
Ia bertemu Ge Dwo Ra yang diteriaki pencuri. Mereka melarikan diri dan bersembunyi dibelakang gerbang istana. Ayah Ge Dwo Ra ternyata sudah tewas. Ge Dwo Ra membawa daging yang sudah basi. Ia pun sakit dan Dong Yi membawanya ke tabib.

Para prajurit masih mencari Dong Yi.Dong Yi berlari ke tengah hutan dan berpisah dengan Ge Dwo Ra. Seo Young Gi menemukannya dan Dong Yi memohon untuk diselamatkan. Seo Young Gi melepaskannya dan berkata hanya kali ini saja. 
 Dong Yi pun berteriak, ayahku bukan penjahat. Aku melihat isyarat yang ditunjukkan jenderal itu. Seorang nona memperlihatkan isyarat yang sama. Namun para prajurit menembakkan panah ke arah Dong Yi. Dong Yi terguling ke lembah.

 Oh Yoon menyukai seorang gisaeng bernama Seol Hee. Sedangkan Seol Hee menyukai Choi Dong Joo. Ia menyelamatkan Dong Yi. Selain itu Cha Chun Soo juga memintanya membawa Dong Yi keluar kota. 
 Dong Yi menolak. Ia minta dimasukkan ke dalam istana karena ingin menemukan pelaku sebenarnya yang membunuh jenderal. 
 Akhirnya  Seol Heee memohon bantuan Hwang Joo Shik, seorang pemain musik. Sedangkan ia membawa Ge Dwo Ra keluar kota.
 Dong Yi menjadi pelayan di departemen musik istana. Malam hari ketika sedang mebereskan alat-alat musik ia melihat sebuah Haegeum. Mengingatkannya pada ayah, kakak dan Cha Chun Soo. 
 Kakaknya yang memang seorang pemain musik istana pintar memainkan Haegeum. Kakaknya mengolok-oloknya karena tidak bisa memainkan Haegeum. Tanpa sadar Dong Yi menangis dan mencoba memainkannya.
6 tahun kemudian, Dong Yi beranjak dewasa. Dong Yi tengah memainkan alat musik Haegeum dan saat itu juga Raja Sukjong berjalan di sekiar tempat tersebut dan mendengar permainan Dong Yi.


Episode 5
Dong Yi telaten mengurus para pemain musik. Namun adakalanya ia kerepotan karena para pemain musik terlalu banyak permintaan. Dong Yi lelah dan beristirahat. Namun Hwang Joo Shik mendatanginya bahwa prajurit kerajaan mencarinya. Raja mendengar permainan musik dan menyuruh prajurit kerajaan menangkapnya.
Kerajaan kejatuhan meteor. Dan para petinggi istana mengatakan bahwa ini adalah pertanda buruk. Mereka menolak kembalinya Jang Ok Jung ke istana. Namun Sukjong malah menguji para pejabatnya dengan memberikan manik-manik yang terbuat dari meteor. 
 Raja ingin mengangkat Jang Ok Jung sebagai selir kerajaan. Sukjong kecewa pelayannya belum menemukan seseorang yang memainkan musik Haegeum. Karena ia ingin mempersembahkannya untuk Jang Ok Jung. Hwang Joo Shik memerintahkan Dong Yi untuk keluar dari kerajaan sementara. Agar tidak ditemukan oleh prajurit kerajaan.

Dong Yi sedang bekerja di sebuah toko pembuatan alat musik. Dong Yi melihat seorang lelaki di toko tersebut. Ia menyuruh Dong Yi pergi dan ia yang akan menggantikan pekerjaan Dong Yi. Dong Yi pun kembali ke istana. Jang Ok Jung atau mulai kini disebut Lady Jang pergi ke tempat pengrajin kayu untuk memperbaiki perhiasan kupu-kupunya dan ia meminta pengrajin  untuk membuatkan sesuatu sebagai hadiah  ulang tahun ibu suri. Ia memberikan sebuah alat musik yang berisikan sajak cina. Ibu suri menganggap itu sebuah ancaman.
Sukjong mengirimkan pemain musik ke kediaman Lady Jang. Ia terlihat senang. Dong Yi berada diantara para pemusik tersebut dan melihat Lady Jang. Dong Yi ragu, tapi merasa bahwa Lady Jang adalah wanita yang dicarinya. Para pemain musik bermain kacau. Dikediaman Lady Jang juga di pesta perayaan ulang tahun pangeran Eunpyong. Ketidakharmonisan dalam permainan musik dianggap sebagai sebuah tanda kehancuran sebuah Negara. Semua pemain musik termasuk Dong Yi diinterogasi.
Raja Sukjong menghampiri kediaman Lady Jang. Ia mengatakan bahwa hal ini sepertinya sudah direncanakan. Lady Jung membantah, aku memang penyebab bencana. Raja menampiknya dan mengatakan akan menemukan siapa pelaku sebenarnya.
Dong Yi mencoba mendekati Lady Jang namun beberapa orang menculiknya. Ia dipukul hingga pingsan dan dimasukkan ke dalam karung. Saat sadar Dong Yi sedang dalam kondisi terikat. Di sampingnya adalah pria pengrajin alat musik. Dong Yi kaget dan memanggil nama pria itu. Lalu memeriksa kondisinya. Pria itu telah tewas.
 
Written by : Anis RF @Pelangidrama
Picture by : Anis & Ari RF@Pelangidrama

Nb: Mian atas ketidaknyamanan fams, piku sempat gak bisa di akses
Tunggu rekap selanjutnya ya :)

BACA JUGA SINOPSIS LAINNYA



0 comments:

Post a Comment


Friend Link List